SD

Daar el-Salam

SD Daar El Salam merasa terhormat saat mengoptimalkan segenap kapabilitasnya dalam melayani pendidikan seluruh peserta didiknya, karena itu Sekolah Daar el-Salam kembali membuka pintu untuk menyambut kedatangan siapapun yang akan belajar di dalamnya.

Regulasi Pendidikan inklusi SD DAAR EL SALAM

Regulasi Pendidikan Inklusif

Semua regulasi ini menjadi landasan seluruh sekolah atau satuan pendidikan memenuhi hak belajar seluruh peserta didik, termasuk peserta didik Gifted dan Talented dan serta disabilitas. Regulasi ini menunjuk tegaskan bahwa sekolah inklusi merupakan bentuk mutakhir dari sekolah berkualitas.

Penyelanggaraan Pendidikan Inklusi SD DAAR EL SALAM

  • Goals: SD Daar el-Salam fokus pada proses pembentukan lingkungan sosial belajar yang memberikan pengalaman berbahagia pada peserta didik, hal ini akan mewujudkan secara sistemik pemenuhan prerequisite (pra syarat) belajar lanjutan pada peserta didik dalam perkembangan sikap/ perilaku, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh peserta didik dimasa pertumbuhan dan perkembangan usia remaja. Dan fokus juga pada penguatan kompetensi dasar yang siap meluluskan peserta didik yang tangguh dalam kompetensi spiritual sesuai aqidah yang shahihah, pengamalan fiqih yang benar, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan dan keterampilan.Langkah SD Daar el-Salam dalam meraih goals yang ditetapkan adalah mewujudkan tiga komponen utama dalam sekolah inklusi, bahkan komponen tersebut merupakan faktor yang menentukan kualitas sebuah sekolah. Adapun tiga komponen utama itu adalah:
    Sistem Penddidikan Inklusi Daar el-Salam
    • Konseptual [Kurikulum, Kolaborasi, Compre-Assessment & Intervensi Multi-Tiers, DI, PBDU, Diversitas]
      • Kurikulum yang digunakan oleh SD Daar El Salam adalah kurikulum Nasional yang dibasiskan pada subject matter serta berpusat pada peserta didik, lalu kurikulum diperkaya dengan society-based problem dan emerging technologies based. Proses pengayaan (enrichment) juga dilakukan pada Pendidikan Agama Islam, subject metter telah melalui verifikasi dan validasi sesuai dengan landasan Al-Quran dan As-Sunnah. Kolaborasi merupakan keniscayaan bagi sekolah inklusi, SD Daar El Salam telah mencapai fase kolaborasi tuntas (multi-inter-trans disipliner), ketuntasan dalam fase kolaborasi dicapai dengan perjuangan yang pantang menyerah dari segenap civitas akademika SD Daar El Salam. Compre Assessment dan Intervensi multi-tiers dilaksanakan untuk mengenali karakter pendidik dari dimensi akademik dan non akademik, sekaligus merancang pembelajaran yang mengoptimalkan seluruh potensi peserta didik. Differentiated Instruction (DI) atau Pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan SD Daar El Salam adalah Pembelajaran untuk peserta didik dengan mempertimbangkan preferensi, modalitas, dan needs berdasarkan asesmen, sekaligus memfasilitasi seluruh peserta didik yang memiliki diversitas dalam pembelajaran di kelas. PBDU (pembelajaran berbasis desain universal) Memastikan aksesibilitas belajar bagi seluruh peserta didik, termasuk PDBK dengan multi-ways pembel ajaran, engagement peserta didik, dan cara peserta didik menunjukkan pemahamanya terhadap materi.
      • Diverstas peserta didik, SD Daar El Salam memberikan pelayanan pendidikan untuk seluruh peserta didik, termasuk peserta didik dengan gifted dan talented, serta disabilitas dengan klasifikasi: Autism Deaf-blindness Deafness Developmental delay (DD) Emotional disturbance (ED) Hearing impairment Intellectual disability Multiple disabilities (MDS) Orthopedic impairment Other health impairment (OHI) Specific learning disability (SLD) Speech or language impairment Traumatic brain injury (TBI) Visual impairment, including blindness.
    • Human Capital Human capital yang menunjang pembelajaran bermutu untuk peserta didik yang memiliki diversitas di SD Daar El Salam, human capital di SD Daar El Salam memiliki latar belakang sarjana dan pascasarajana Pendidikan (S2-S3). Bidang keahlian yang dimiliki meliputi: Pengkaji Fiqh Mazhab, Pentashih Al-Quran, sarjana hadits, pedagogi inklusif, psikologi, teknologi asistif, IoT, Hybrid, Blended, Flipped Learning Support, Asesment akademik dan non akademik, intervensi educational dan intervensi non educational, medical treatment. Secara umum human capital di Sekolah Daar El Salam memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif/berkualitas.
    • Resources [SNC, SHC, Internet High Speed – LMS, Lib offline-Online, Lab-Virtual Lab]
      • SNC merupakan unit pendukung (supporting) untuk tersedianya pelayanan multi-tiers dalam asesmen maupun intervensi untuk seluruh peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK), pendidik terdiri dari: psikolog, terapis, dan paraeducator.
      • SHC berfungsi untuk memberikan layanan medis (medical treatment) kepada seluruh peserta didik, berupa: penyuluhan hidup sehat, pemeriksaan Kesehatan, dan perawatan gigi dan gusi, serta menyediakan konsultasi psikologi untuk keluarga dan kesahatan mental peserta didik.
      • Internet dengan kecepatan yang tinggi sebagai penunjang yang penting dalam menyajikan proses belajar dengan desain LMS (Hybrid, Blended, Flipped Learning Support) yang inklusif untuk seluruh peserta didik. SD Daar El Salam menyediakan layanan LMS untuk mendukung pembelajaran daring agar tetap optimal dalam seting kelas maupun luar kelas.
      • Perpustakaan offline dan online, SD Daar El Salam memiliki koleksi 17 ribu buku dengan beragam klasifikasi bidang keilmuan untuk meningkatkan daya literasi pendidik dan peserta didik dan tersedia pula beragam buku digital untuk memperkaya literatur peserta didik dan pendidik.
      • Laboratorium dan Virtual Lab, Laboratorium komputer, Bahasa, Sains, serta virtual lab digunakan untuk menciptakan budaya riset dan melatih keterampilan sains seluruh peserta didik.