SMP

Profil SMP Daar el-Salam

  • Profil Sekolah

    Sejak tahun 2004 SMP Daar El-Salam telah turut serta dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Hingga saat ini SMP Daar el-Salam telah meluluskan 18 angkatan dengan akreditasi A (predikat unggul). Komitmen kami yaitu mewujudkan generasi Islam yang unggul, memiliki kemampuan akademis tinggi, berkepribadian, berempati terhadap lingkungannya, mapan dalam ilmu pengetahuan dan memegang teguh Al-Quran dan As-Sunnah. Untuk mencapai komitmen tersebut, kami mengembangkan sistem persekolahan yang unggul, visioner, menghasilkan anak didik yang berkualitas, bertaqwa, dan memegang teguh Al-Qur’an dan As-Sunnah. Serta berupaya memahami secara komprehensif setiap permasalahan pendidikan sekaligus mencari alternatif pemecahan dengan cara mengembangkan perbaikan yang berkesinambungan.

    Komitmen tersebut salah satunya didasari oleh pemahaman bahwa setiap peserta didik berhak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang mampu mengakomodasi keragaman kemampuan peserta didik dalam mencapai prestasi belajarnya. Oleh karena itu, pendidikan inklusif merupakan solusi tepat dalam mengatasi problem pembelajaran masa kini. Melalui pendidikan inklusif, ruang-ruang kelas berubah dari low-tech menjadi high-tech. Mendorong kombinasi model pembelajaran tradisional (face to face) yang menekankan pada interaksi dan partisipasi di dalam kelas serta model pembelajaran yang mengintegrasikan inovasi dan kemajuan teknologi melalui sistem online learning (hybrid learning).

    Guna mewujudkan visi dan misi di atas, SMP Daar el-Salam memiliki pendidik bersertifikat sebagai guru profesional, mumpuni dalam pembelajaran termutakhir (blended dan hybrid learning) dan terampil dalam mengelola pembelajaran di kelas inklusif. Kemandirian belajar ditanamkan melalui keterampilan belajar (learning skills), memperkuat kemampuan literasi digital peserta didik dan memperkaya konten learning management system (LMS) serta e-library sebagai sumber belajar elektronik. Kemandirian belajar menjadi keterampilan dasar yang mesti dikuasai peserta didik agar prasyarat belajar jenjang yang lebih tinggi terpenuhi, mengintensifkan penguasaan matematika, sains, dan mata pelajaran lainnya dengan kelas intensif dan pendalaman materi. Dalam waktu bersamaan, kemandirian belajar menjadi motivasi peserta diidk dalam berkompetisi dan berprestasi pada berbagai ajang kejuaraan seperti olimpiade akademik (IPA, IPS, Matematika dan mata pelajaran lainnya) maupun non-akademik.

    Selain itu, SMP Daar el-Salam memiliki dua program unggulan yaitu kelas tahfizh dan bilingual. Program kelas tahfizh bertujuan mencetak generasi hafizh dengan kemampuan akademis tinggi dan hafal al-Qur’an sebanyak 5 (lima) juz. Bagi peserta berbakat disertai persyaratan khusus dapat mencapai target yang lebih tinggi hingga 15 – 30 juz. Hafalan peserta didik divalidasi dengan cara tasmi’, munaqosyah dan tahfizh-camp. Sedangkan kelas bilingual bertujuan mengakselerasi kemampuan berkomunikasi bahasa inggris peserta didik melalui english hours, vocabulary enrichment, english-camp, native, students show, dan tourist tour.

  • Profil Sumber Daya Manusia

    Sumber daya manusia ditingkatkan menjadi human dan sosial capital yang menunjang pembelajaran bermutu untuk semua peserta didik. Pendidik berpengalaman dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif/berkualitas lebih dari 20 tahun, memiliki latar belakang sarjana dan pascasarajana Pendidikan (S2-S3) yang mumpuni sebagai guru profesional, pedagogi inklusif, psikologi, hafizh qur’an,terampil dalam mengelala pembelajaran digital (teknologi asistif, hybrid, blended, flipped learning support), mampu melakukan asesmen akademik dan non-akademik, intervensi educational dan intervensi non-educational, serta medical treatment.

Kurikulum (intrakurikuler, co-kurikuler, ekstrakurikuler)

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Nasional, berpusat pada peserta didik yang diperkaya dengan society-based problem dan emerging technologies based. Proses pengayaan dilakukan pada Pendidikan Agama Islam melalui verifikasi dan validasi agar bersesuaian dengan landasan Al-Quran dan As-Sunnah yang menstimulasi penanaman nilai-nilai religius dan moral terutama penguatan aqidah, pembentukan akhlak, adab dan aktivitas keislaman.

Kurikulum dirancang dengan memastikan aksesibilitas belajar bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik berkebutuhan khusus, melalui multi-ways pembelajaran, engagement, dan cara peserta didik menunjukkan pemahamannya terhadap materi sebagai prinsip utama implementasi pembelajaran berbasis desain universal (PBDU). Diversitas peserta didik yang dilayani yaitu peserta didik tipikal, peserta didik gifted dan talented, serta disabilitas dengan klasifikasi Autism, Deaf-blindness, Deafness, Developmental delay (DD), Emotional disturbance (ED), Hearing impairment, Intellectual disability, Multiple disabilities (MDS), Orthopedic impairment, Other health impairment (OHI), Specific learning disability (SLD), Speech or language impairment, Traumatic brain injury (TBI), Visual impairment, termasuk blindness.

Pembelajaran peserta didik mempertimbangkan preferensi, modalitas, dan kebutuhan berdasarkan asesmen, sekaligus memfasilitasi seluruh peserta didik yang memiliki diversitas dalam pembelajaran di kelas sebagai wujud pembelajaran berdiferensiasi yang dikembangkan di ruang-ruang kelas. Desain pembelajaran akseleratif yang dibutuhkan masa kini dan mendatang berupa kelas tahfizh, bilingual, responsi, hybrid, blended, flipped learning, learning skills, bimbingan konseling, dan metakognitif yang memacu motivasi berprestasi, literasi, dan kemandirian belajar. Minat, bakat, dan kreativitas dikembangkan melalui ekstrakurikuler variatif, field trip, class meeting, outbond, dan leadership training. Program kelas tahfizh bertujuan mencetak generasi hafizh dengan kemampuan akademis tinggi dan hafal al-Qur’an sebanyak 5 (lima) juz. Bagi peserta berbakat disertai persyaratan khusus dapat mencapai target yang lebih tinggi hingga 15 – 30 juz. Hafalan peserta didik divalidasi dengan cara tasmi’, munaqosyah dan tahfizh-camp. Sedangkan kelas bilingual bertujuan mengakselerasi kemampuan berkomunikasi bahasa inggris peserta didik melalui english hours, vocabulary enrichment, english-camp, native, students show, dan tourist tour.

Kolaborasi seluruh sumber daya dioptimalkan agar mencapai fase kolaborasi tuntas (multi-inter-trans disipliner) sebagai keniscayaan sekolah inklusi. Karakteristik peserta didik dikenali melalui Compre-Asesmen baik pada dimensi akademik dan non-akademik guna merancang pembelajaran yang mengoptimalkan seluruh peserta didik dengan intervensi multi-tiers.

Adapun kegiatan siswa dan ekstrakurikuler dikembangkan secara aplikatif, kreatif, dan mampu menumbuhkan minat bakat peserta didik seperti Kunjungan Ilmiah, Outbond, Liga Futsal dan basket, Liga Grafiti dan Mural, Smart Kuliner, Saintis Muda, dan Desain Grafis-Web-Animasi. Ada pula konseling komprehensif pada aspek diniyah, psikologis, dan psikososial oleh tim diniyah, BK, dan psikolog sekolah. Sedangkan program leadership dalam rangka mempersiapkan mempersiapkan pemimpin masa depan terintegrasi dalam program kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS).

Support System

  • Special Needs Care (SNC), unit pendukung (supporting) untuk tersedianya pelayanan multi-tiers dalam asesmen maupun intervensi untuk seluruh peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK), pendidik terdiri dari : psikolog, terapis, dan paraeducator.
  • Student Health Care (SHC) berfungsi untuk memberikan layanan medis (medical treatment) kepada seluruh peserta didik, berupa: penyuluhan hidup sehat, pemeriksaan Kesehatan, dan perawatan gigi dan gusi, serta menyediakan konsultasi psikologi untuk keluarga dan kesehatan mental peserta didik.
  • Internet High Speed
  • Optimalisasi LMS (Hybrid, Blended, Flipped Learning Support). Penyediaan layanan LMS untuk mendukung pembelajaran daring agar tetap optimal dalam seting kelas maupun luar kelas.
  • Perpustakaan offline dan online
  • Koleksi 17 ribu buku dengan beragam klasifikasi bidang keilmuan untuk meningkatkan daya literasi pendidik dan peserta didik dan tersedia pula beragam buku digital untuk memperkaya literatur peserta didik dan pendidik.
  • Sistem informasi sekolah berbasis digital (e-SIM)

Fasilitas

  • Perpustakaan offline dan online
  • SHC
  • SNC
  • Akses point internet setiap kelas
  • Lapangan dan area kreativitas
  • Laboratorium IPA, komputer dan Bahasa.  Laboratorium sains & virtual lab digunakan untuk menciptakan budaya riset dan melatih keterampilan sains seluruh peserta didik.
  • Kelas Multimedia & Pojok Literasi
  • Kantin & Koperasi Sekolah
  • Toilet Disabilitas & Aksesibilitas

Prestasi & Sebaran Alumni

Prestasi Terbaik

  •  Sekolah Berkemajuan Terbaik (2023) & Berprestasi (2024) Kemendikbudristek
  •  Juara I Karate Kata Putri O2SN Tingkat Propinsi Jawa Barat dan Nasional
  •  Juara I Tenis Meja Putra Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor
  •  Juara I Lomba Story Telling Kota Bekasi
  •  Medali Emas lomba Karate di Malaysia Open International E-Karate Championship
  •  Medali Emas Lomba Karate International Karate Championship Jacko
  •  Juara I Olimpiade IPS se-Bekasi
  •  Juara II Olimpiade IPA se-Bekasi
  •  Juara II Olimpiade IPA Tingkat Kabupaten Bogor
  •  Juara III Olimpiade IPS Tingkat Kabupaten Bogor

Sebaran Alumni Terbaik

  • Lulus tes seleksi SMAN/S & MAN/S Bogor, Bekasi, DKI Jakarta, Serpong, dan Bandung: ■ MAN Insan Cendikia Serpong, ■ SMA Negeri Thamrin DKI Jakarta, ■ SMA Labschool Rawamangun dan Cibubur, ■ Taruna Nusantara, ■ Krida Nusantara
  • Lulus tes seleksi Pondok Pesantren & Boarding School: ■ Al-Irsyad Salatiga dan ■ SMA Nurul Fikri
  • Jalur prestasi kejuaraan: ■ SMAN 3 Kota Bekasi, ■ SMAN 8 Kota Bekasi, ■ SMAN 6 Kota Bekasi, ■ SMAN 2 Gunungputri
  • Jalur prestasi rapot: ■ SMAN 5 Kota Bekasi, ■ SMAN 2 Kota Bekasi, ■ SMAN 3 Kota Bekasi, ■ SMAN 22 Kota Bekasi, ■ SMAN 21 Kota Bekasi, ■ SMAN 15 Kota Bekasi, ■ SMAN 2 Gunungputri.

Kegiatan Sekolah

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Up Grading, Class Meeting, Student Creativity, Kunjungan Ilmiah, Perjusa, Pesantren Ramadhan, Simulasi & Evakuasi Bencana, Liga Daarel dan Seminar Pengayaan.

Gallery