SNC

Special Needs Care (SNC) di Sekolah Daarel Salam: Memperkuat Sistem Pendidikan Inklusif

Pendidikan inklusif di Sekolah Daarel Salam dirancang agar pembelajaran dapat berjalan efektif dalam mendukung seluruh peserta didik. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pendukung yang terintegrasi dengan baik ke dalam sistem pendidikan yang sudah dijalankan sebelumnya. Pendidikan inklusif memerlukan pendekatan multidisiplin dan multifaset untuk memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif bagi semua siswa. Hal ini bertujuan untuk mengatasi berbagai persoalan yang sering muncul dalam konteks sekolah inklusif, seperti kurikulum, proses pembelajaran, penilaian, serta karakteristik unik dari setiap peserta didik, termasuk guru dan ekosistem pendidikan di sekolah.

Kurikulum yang Koheren dalam Pendidikan Inklusif

Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang koheren dengan kebutuhan belajar peserta didik. Koherensi antara kurikulum dan implementasinya sangat penting untuk memastikan bahwa proses pendidikan berjalan secara efektif dan berkelanjutan. Kurikulum yang tidak sesuai dapat menghambat peran sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berfungsi mendukung potensi setiap peserta didik. Di Sekolah Daarel Salam, peran kurikulum holistik (akademik dan non-akademik) menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh aspek pembelajaran telah disesuaikan dengan beragam kebutuhan peserta didik.

Peran Guru dalam Mewujudkan Pembelajaran Inklusif

Implementasi kurikulum yang baik memerlukan peran aktif dari pendidik. Guru tidak hanya dituntut untuk memahami kemampuan dan keterbatasan siswa, tetapi juga harus memiliki kompetensi pedagogis yang memadai. Dengan adanya keberagaman peserta didik di kelas, kompleksitas dalam proses belajar mengajar pun meningkat. Oleh karena itu, pemahaman mendalam mengenai profil dan diversitas belajar peserta didik di kelas diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan semua peserta didik.

Special Needs Care (SNC): Dukungan untuk Pendidikan Inklusif

Unit Special Needs Care (SNC) di Sekolah Daarel Salam merupakan bagian dari sistem pendukung yang dirancang untuk memperkuat peran guru dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif. SNC berfungsi sebagai unit kolaboratif yang membantu guru lebih memahami diversitas profil belajar siswa dalam implementasi kurikulum nasional atau kurikulum pengembangan sekolah. SNC bertujuan untuk membantu perancangan kurikulum holistik dan intervensi psikoedukasional yang efektif, sehingga setiap peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang positif dan bermakna di sekolah.

Dengan dukungan dari SNC, proses pembelajaran di Sekolah Daarel Salam dapat menjadi berkualitas dan inklusif, memberikan kesempatan yang sama dan kesetaraan layanan pendidikan kepada semua siswa untuk berkembang sesuai dengan potensinya.